Jumat, 20 Januari 2012

SEJARAH KALTIM

Kalimantan Timur mempunyai sejarah yang berbeda dengan propinsi lainnya di Negara Republik Indonesia. Kalimantan Timur merupakan pelopor peradaban di Indonesia dengan adanya kerajaan yang tertua pada abad ke - VI yaitu kerajaan kutai yang terletak di Kecamatan Muara Kaman dengan rajanya Mulawarman Nala Dewa. Turunan Raja Mulawarman dapat berlanjut sampai dengan Raja ke – 25 yang bernama Maharaja Derma Setia pada abad ke - XII  dengan nama Kerajaan Kutai Ing Martapura. 
Menjelang kepudaran kerajaan tersebut, berdiri beberapa kerajaan. Dimulai dengan kerajaan Kutai Kertanegara di Jaetan Layar (sekarang masuk Wilayah Kutai Lama). Lalu berdiri pula Kerajaan Gunung Tabur dan Kerajaan Sambaliung (Kabupaten Berau), Kerajaan Tanjung Palas (Kabupaten Bulungan) serta Kerajaan Sandurangas (Kabupaten Pasir).
Semua kerajaan tersebut memerintah di wilayahnya masing-masing tanpa ada peperangan antara mereka, hingga masuk belanda dan mulai menjajah Kalimantan Timur ini pada tahun 1844. Pemerintah kolonial Belanda membentuk Federasi Kalimantan Timur yang merupakan gabungan empat kerajaan di Kalimantan Timur. 
Ketika Republik Indonesia berdiri pada tanggal 17 Agustus 1945, Federasi Kaltim ini secara hukum masuk wilayah RI dan rakyat Kaltim pun memang memilih bergabung dengan Republik Indonesia. Pada Masa perjuangan fisik (1945-1949), rakyat Kaltim juga turut berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dengan puncaknya dengan peristiwa "Sanga-sanga" (Januari 1947) yang dikenal dengan peristiwa merah putih.
Setelah mengalami masa-masa perubahan sistem pemerintahan dari bentuk kerajaan menjadi Daerah Istimewa (1956) dan akhirnya dibawah naungan Propinsi Kalimantan Timur (Januari 1957) yang terdiri dari empat kabupaten (Kabupaten Kutai, Kabupaten Berau, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Pasir) ditambah dua kotapraja (Kota Praja Samarinda dan Kota Praja Balikpapan). Setelah terjadi beberapa kali pemekaran, saat ini Provinsi Kalimantan Timur memiliki 10 Kabupaten (Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, Malinau, Nunukan dan Tana Tidung) dan 4 Kota (Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Tarakan).

0 komentar:

Posting Komentar